Jumat, 11 Juli 2014

Perkembangan PHP

Pada postingan kali ini saya akan memaparkan sedikit-banyaknya tentang salah satu bahasa pemograman. Nah, ini cocok banget nih buat temen-temen yang tertarik belajar bahasa pemograman, yang tujuannya udah pasti dong, biar bisa BIKIN PROGRAM.

Perkembangan PHP (Hypertext Preprocessor)

Pada awal perkembangannya, PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page atau Situs personal yan g dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada saat itu belum lagi bernama PHP, melainkan Form Interpreted (FI), yang merupakan sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Hal ini tentunya memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan pengembangan secara bebas. Ternyata pada perkembangannya, PHP ini banyak menarik minat programmer diseluruh dunia. Berbagai terobosan dan pembaharuan terus menerus dilakukan pada bahasa pemograman ini.

Pada bulan November 1997, dirilislah PHP/FI 2.0. Pada rilis kali ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C serta disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Kemudian Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan juga lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing (Istilah ini yang digunakan sampai sekarang)

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal denganPHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Hingga saat ini (Tahun 2013) PHP masih terus diupayakan pengembangannya. PHP 5.0 masih menjadi produk terbaru dengan berbagai up-date vitur-vitur terbarunya. Terakhir pada 24 Januari 2013 dirilisPHP 5.5.0 Alpha4  

 PHP Saat Ini... (PHP 5.5.0alpha4)


Pengembangan PHP (Hypertext Preprocessor ) terbaru saat ini adalah PHP 5.5.0alpha4. Hasil rilis kali ini memperbaiki beberapa sistem error dari alpha3 dan terdapat juga penambahan beberapa fitur. Pada rilis kali ini, User masih diharapkan untuk menggunakan PHP alpha4 ini untuk pengembangan, karena produk terbaru ini belum mendapat berbagai pengujian yang memadai untuk dinyatakan kelayakan dan terbebas dari kesalahan pemograman.

PHP 5.5.0 Alpha 4 dirilis dengan sejumlah fitur terbaru dan beberapa perbaikan, sebagai berikut:

·       Class Name Resolution as scalar via "class" keyword ,
·       Added DateTimeImmutable class, a varianegmt of DateTime that only returns the modified state instead of changing itself


sumber : http://amateurtoproffesional.blogspot.com/2013/02/sejarah-perkembangan-bahasa-pemograman.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites